Review iPhone XR dari Segi Harga dan Persepsi Orang Indonesia

Pada postingan kali ini mimin mau ngomongin tentang smartphone keluaran Apple dari perspektif orang Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Di Indonesia, Produk Apple dipandang sebagai hal mahal dan berharga.

Produk apple seperti iPhone, iPad, dan bahkan Macbook Pro dengan mudah disukai masyarakat Indonesia. Dan setiap Apple rilis produk baru, mereka sangat antusias. Begitu pun ketika Apple iPhone XR rilis beberapa bulan lalu.

Orang-orang sempat heboh. Tapi sedihnya, untuk Indonesia, ada banyak orang yang tidak bisa dapat iPhone tepat waktu, karena peraturan di Indonesia, serta belum tersedianya Apple Store di sini. Jadi orang Indonesia biasanya beli dari Singapore, Malaysia, Jepang, atau langsung dari Amerika.

Kamu yang sudah beli iPhone XR mungki dari negara tetangga mungkin, harus bersiap menerima kenyataaan bahwa harga perangkat ini masih terbilang mahal dan tidak sesuai dengan kriteria.  Dan mimin pengen kasih tau kalian, kenapa kalian yang membeli smartphone ini, dengan perspektif orang Indonesia.

iPhone XR punya posisi yang unik. Ini menarget orang yang mau teknologi Apple dengan harga lebih murah. Ini punya banyak fitur baru, tapi terasa sedikit kuno. Ini bukan smartphone berbezel tipis.

Spesifikasi iPhone XR

iphone xr review

iPhone XR tidak punya tombol home dan support Face ID dari Apple. Ukurannya atidak besar sedikit dibandingkan iPhone Xs dan smartphone lainnya seperti iPhone 8 atau iPhone 7, tapi lebih kecil dibanding iPhone Plus series dan iPhone XS Max. Layarnya 6,1 inci tipe IPS display, dengan resolusi 1792x828 piksels.

Memiliki kerapatan layar 326 PPI, dan identik dengan hasil iPhone 8. Apple memberi nama layarnya The Liquid Retina HD. karena yang jual Apple Mimin tidak bisa bilang ini layar terbaik yang akan kalian dapatkan dari smartphone seharga lebih dari 800 USD (mimin beli di Rp 12,5 juta) di malaysia, atau bahkan lebih mahal lagi di Indonesia.

Baca juga :

Di Indonesia, hari ini, kalian bisa beli di harga sekitaran 900 USD (pasaran di harga Rp 14 jutaan).
Jadi untuk teman-teman, kalian bisa dapat banyak pilihan yang lebih baik kalau kalian butuhnya layar di sebuah smartphone.

Sebagai contoh adalah perangkat Android yang terkenal seperit Samsung Note 9 atau Huawei P20 Pro. Harganya relatif lebih murah dibanding iPhone XR dan dengan layar lebih baik. Tapi bukan berarti layarnya tidak bagus. Bagus kok, tapi tidak spesial.

Warna-warna nya cerah dengan saturasi yang bagus, tapi detailnya rata-rata. Mari kita bahas desain dan warnanya. Smartphone ini punya banyak pilihan warna. Biru, Putih, Hitam, Merah, Coral, Kuning. Ini jelas kalau Apple menarget anak muda untuk iPhone XR ini.

Menyenangkan menggunakan smartphone yang berwarna. Mimin suka. Desainnya cukup banyak mirip dengan iPhone XS, tapi ukuran sedikit lebih besar. Dan juga smartphone ini punya 1 kamera belakang 12MP dan kamera depan 7MP. Kamera belakangnya punya OIS dan bisa rekam postingan hingga 2160p 60FPS dan kamera depan bisa merekam 1080p dengan 60FPS

Pada dasarnya ini kamera yang bagus. Bisa menghasilkan foto yang bagus dengan ketajaman dan warna yang imbang. Selfie camera nya bisa menghasilkan foto yang bagus dan bisa juga bikin cakep.
Ya, beautification di smartphone ini sungguh nyata dan bagus. Untuk orang indonesia, beautification di kamera selfie adalah hal yang banyak disukai.

Baca juga :

Dan bicara mengenai performa, yang satu ini tidak bisa diremehkan. iPhone XR punya prosesor yang sama dengan iPhone XS, 7nm A12 Bionic chipset. Ini kenceng banget. Mimin bisa main game dengan grafis yang bagus, mimin bisa edit postingan, dan bisa multitasking dengan smartphone ini.

iPhone XR disertakan dengan charger 5W dan support wireless charging. Tapi secara umum, iPhone punya kekurangan dalam kinerja battery. Sepengalaman mimin bertahun-tahun pakai iPhone, Mimin tidak pernah puas pakai dari sisi daya tahan battery iPhone. Sebenarnya iPhone XR punya battery yang lebih baik dibanding iPhone seri sebelumnya.

Tapi kalau dibandingkan dengan smartphone lain, mimin rasa Apple harusnya kasih lebih. Jadi, menurut mimin, daya tahan battery itu bukan keunggulannya iPhone. Bisa mimin bilang, ini smartphone yang bagus. Ini lebih murah dibandingkan iPhone XS dan punya fitur-fitur baru, tapi juga, keluar banyak uang.

Indonesia harus menunggu hingga tahun depan untuk bisa mendapatkan versi resminya masuk. Sementara itu, banyak brands yang sudah menjual produk terbaru mereka di Indonesia, dengan harga yang bagus, performa yang lebih baik, layar yang keren.

Baca juga :

Bahkan harga yang lebih murah. iPhone XR seharusnya jadi cara yang lebih murah untuk mendapatkan teknologi terkini dari Apple, tapi ternyata rasanya tidak semurah itu.

Bagaimana pendapat mu dengan iPhone XR ini? apakah puas atau tidak sama sekali? coba kasih tahu mimin melalui kotak komentar dibawah ini ya. Jangan lupa bagikan juga artikel ini di media sosialmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Review iPhone XR dari Segi Harga dan Persepsi Orang Indonesia"

Post a Comment