Menikmati Indahnya Air Terjun Tertinggi Ke Empat Di Indonesia

Air Terjun Curug Tenang (Bedegung) Terletak di Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Photo : Pedomanbengkulu.com

Air Terjun Curug Tenang atau biasa disebut Air Terjun Bedegung, siapa yang tidak mengenal tempat yang sangat mempesona ini. Dengan ketinggian ± 99 Meter, Air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia setelah Air Terjun  Sigura Gura dengan ketinggian  ±250 Meter, Air Terjun Payahkumbuh di Ngarai Harau dengan ketinggian  ±150 Meter, dan Air Terjun Curug Citambur dengan ketinggian sekitar ±100 Meter.

Lalu, kenapa Air Terjun Curug Tenang lebih akrab disebut dengan nama Air Terjun Bedegung? Hal ini dikarenakan, letak Air Terjun Curug Tenang terletak di Desa Bedegung Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatera  Selatan. Karena kepopulerannya, saat ini Air Terjun Bedegung menjadi salah satu objek wisata alam unggulan dan Icon Kabupaten Muara Enim. Bersumber dari mata air yang terletak dicelah bebatuan Bukit Barisan, objek wisata Air Terjun Bedegung saat menjadi sumber penghasilan bagi warga yang berjualan di sekitar lokasi Air Terjun.

Para pengunjung dapat menikmati indahnya percikan Air yang jatuh di jembatan yang sudah disediakan. Tak hanya itu, para pengunjung juga dimanjakan dengan kolam ikan disekitar lokasi yang menyediakan berbagai jenis ikan yang bisa pancing  dan dipanggang bersama keluarga.

Dengan menggunakan konsep wisata alam yang modern tapi masih sangat alami, Air Terjun Bedegung juga menyediakan villa khusus bagi pengunjung yang mau menginap sambil menikmati indahnya percikan bola kecil yang jatuh dari atas saat Air terjatuh dimalam hari.

Soal harga tiket tak usah dipikirkan, dengan harga sekitar 10 ribu untuk kendaraan roda empat dan 5 ribu untuk roda dua, seluruh penumpang sudah bisa mengeksplore semua sisi yang ada disekitar objek wisata Air Terjun.

Air Terjun Curug Tenang (Bedegung) Terletak di Kecamatan Panang Enim, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, Photo : Azuar
Untuk menambah minat pengunjung agar mau berwisata ke Air Terjun Bedegung, Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani melalui dinas terkait terus berusaha memaksimalkan inprastruktur penunjang di sekitar Air Terjun Bedegung.

“Kita akan terus membenahi semua fasilitas yang ada, mulai dari akses jalan hingga ke fasilitas umum lain seperti  Mushollah, WC, kamar mandi, dan taman bermain,” ujarnya saat bincang dengan Kordanews.com melalui via ponsel.

Bukan hanya membenahi inprastruktur penunjang, A. Yani juga membuat sebuah festival yang dilaksanakan disekitar Air Terjun.

“Kita baru saja melaksanakan Festival Durian yang dikemas dalam Colorful Muara Enim Festival, itu semua kita lakukan untuk mengangkat wisata Air Terjun Bedegung lebih dikenal lagi karena efeknya nanti bisa memajukan sektor perekonomian warga sekitar,” tambahnya lagi.

Untuk sampai ke lokasi Air Terjun Bedegung membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam dari Kota Muara Enim atau lebih kurang sekitar 58 Kilometer.

Subscribe to receive free email updates: