Pengertian Pemasaran Digital, Macam dan Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis

jenis marketing digital

Defenisi marketing saat ini sudah sangat banyak ditemukan di internet. Marketing sangat diperlukan untuk pengembangan bisnis. Hampir semua produk maupun jasa dapat dipromosikan melalui teknik digital pemasaran. Misalnya ketika kita sedang Googling dan mencari sebuah artikel bertema kesehatan, kita dapat diarahkan ke sebuah web penyedia jasa layanan kesehatan.

Begitu pula yang berlaku pada semua produk dan layanan, seperti produk makanan, minumam, sebuah UMKM, startup dan lain-lain. Lalu apakah sebenarnya teknik digital pemasaran ini dan bagaimana strategi pemasaranya? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini

Apa Itu Digital Pemasaran? Digital pemasaran merupakanstrategi pemasaran sebuah produk yang dilakukan oleh individu, perusahaan atau suatu organisasi melalui media digital .Seperti yang kita tahu bahwa saat ini internet dan media sosial bukanlah halasing lagi bagi sebagian orang, bahkan hampir semua orang menggunakan fasilitas tersebut.

Hal tersebut yang kemudian dimanfaatkan oleh para pemilik perusahaan atau individu untuk mempromosikan produknya. Karena jangkauannya yang lebih luas cara ini sering dianggap sebagai cara yang paling efektif dan cepat untuk menarik konsumen yang potensial untuk meningkatkan jumlah penjualan sebuah produk tertentu.

Dunia digital pemasaran memiliki banyak jenis dan karakteristiknya masing-masing.Agar lebih mudah memahaminya berikut ini penjelasan lengkapnya

Jenis -Jenis Digital Pemasaran

1. Search Engine Optimization ( SEO )

Seperti yang kita ketahui bahwa tujuan utama dari SEO adalah upaya mengoptimalkan sebuah situs atau website pada posisi teratas, atau setidaknya berasa dihalaman pertama dari mesin pencari dengan meggunakan keyword tertentu.

Ada dua macam teknik SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Perbedaan keduanya terdapat pada strategi yang dilakukan untuk optimisasi sebuah website. Baca : Tips SEO terbaru 2019.

SEO on page merupakan upaya pengoptimalan menggunakan strategi yang dilakukan pada halaman yang dimiliki yang berguna untuk mempengaruhi ranking pada mesin pencari. Sebenarnya ada banyak ada banyak point penting yang perlu diperhatikan dalam SEO on Page ini.

Salah satu contohnya adalah penggunaan kata kunci yang tepat untuk membuat sebuah judul yang efektif. Selain itu dari segi konten juga tidak kalah penting, karena kita dituntut untuk membuat sebuah konten yang tidak membosankan untuk dibaca , dengan tambahan gambar-gambar yang unik dan bagus sehingga sebuah konten terlihat lebih menarik.

Berbeda dengan SEO On Page, SEO Off Page merupakan sebuah teknik yang dilakukan untuk mengoptimisasi sebuah website atau blog dari luar. Cara yang dapat dilakukan misalnya dengan membagikan link media social seperti Facebook, Twitter dan lain-lain.

2. Search Engine Pemasaran (SEM)

SEM sendiri merupakan teknik pemasaran secara digital dimana fokus pemasarannya terdapat pada halaman mesin pencarian , cara ini dilakukan dengan mengoptimalkan konten dari sebuah website agar mudah ditemukan dimesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya.

Terdapat banyak sekali jenis dari Search Engine Pemasaran, beberapa diantaranya adalah Crawler-based search engine, Direktori, Hybrid Search Engine, dan Pay per click. Masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Crawler-based search engine merupakan layanan mesin pencari yang menggunakan program software otomatis untuk memisah dan mengkategorikan sebuah laman web. Contohnya seperti yang sudah kita kenal selama ini yaitu Google.

Kemudian Direktori, sebuah layanan yang melibatkan manusia sebagai tenaga editor. Editor secara manual akan memeriksa sebuah web berdasarkan informasi yang diperoleh.

Beberapa direktori menawarkan layanan berbayar agar sebuah website dapat cepat terindeks secara cepat. Tetapi ada juga yang gratis dengan catatan bahwa proses indeks membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada direktori berbayar.

Kemudian mengenai Hybrid Search Engine dapat dijelaskan secara singkat sebagai sebuah layanan yang mengabungkan teknik Crawler-based dengan Direktori

Yang terakhir adalah layanan pay per-click merupakan sebuah metode pemasaran berupa iklan yang disediakan oleh Google AdWord yang dikhususkan untuk para pelaku usaha yang sudah memiliki website. Gambaran sederhananya seperti ini, pengiklan membayar penerbit dalam jumlah tertentu jika iklan mereka diklik oleh pengunjung.

Metode ini dilakukan melalui sistem bidding dari sebuah kata kunci tertentu agar iklan berbayar yang sobat buat dapat tampil pada bagian teratas dari halaman pencarian google.

Keuntungan dari beriklan dengan metode ini ternyata sangat mengiurkan karena iklan yang sobat buat tidak hanya ditampilkan di bagian search engine google tetapi juga dibeberapa website yang memberi akses kepada google untuk memasang iklannya.

Berbeda dengan sarana pemasangan iklan yang lain, dalam metode pay per-click ini sobat dapat mengatur sendiri budget secara bulanan maupun harian, agar tidak mengalami over budget. Semakin tinggi budget sobat, semakin sering iklan sobat akan muncul.

3. Content Pemasaran

Saat ini sudah banyak pelaku pemasaran digital yang menyadari betapa besarnya manfaat penggunaan content pemasaran demi penunjang strategi pemasaran mereka. Content pemasaran dapat dikatakan sebagai media yang secara langsung dapat menyampaikan karakteristik sebuah produk kepada konsumen melalui media konten.

Content pemasarandiartikan sebagai sebuah strategi pemasaran konten yang fokusnya berada pada perencanaaan atau pembuatan dan pendistribusian sebuah koten demi menarik perhatian pembaca yang kemungkinan berpeluang menjadi konsumen.

Sebagian besar content pemasaran biasanya dikemas dalam konsep textualyang mengarah kepada metode hard selling maupun soft sellingdengan menggambarkan kelebihan suatu produk. Oleh sebab membuat sebuah konten menarik yang berisikan review sebuah produk secara detail sangatlah diperlukan dalam strategi ini.

Sayangnya tidak semua pelaku usaha menguasai teknik pembuatan konten yang berkualitas dan menarik. Sehingga beberapa diantaranya mempercayakan konten mereka kepada sebuah jasa penulis artikel SEO (saungwriter.com).

Orang-orangyang menikmati konten yang Sobatsajikan baik diinternet maupun dimedia sosial, secara otomatis akan terhubung lebih dekat dengan produk yang sobat tawarkan. Dengan penambahan link yang berkaitan dengan produk yang dijelaskan orang akan terhubung dengan laman website dari produk yang bersangkutan.

Sehingga menambah kemungkinan sebuah web akan dikunjungi oleh para pengunjung yang potensial sebagai konsumen dari produk sobat.

4. Email Pemasaran

Dilansir dari Wikipedia definisi dari email pemasaran adalah suatu tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran suatu produk, diskon, dan lain sebagainya kepada sekelompok pelanggan yang potensial dengan menggunakan media email.

Dalam dunia digital pemasaran memanfaatkan list email untuk media pemasaran bisa menjadi cara yang tidak kalah efektif dari kedua jenis digital pemasaran diatas. Hal ini dikarenakanemail yang dikirim langsung keinbox calon pelanggan dapat langsung dibaca oleh pemilik email tersebut.

Selain itu dengan email pemasaran dapat mejadi peluang untuk selalu terhubung secara pribadi dengan calon pelanggan secara terus menerus. Terdapat beberapa jenis email pemasaran misalnya direct email dan retention email.

Direct email yaitu sebuah pesan baru yang dikirim kesebuah email yang berisi pesan promosi, berupa pesan text atau link yang dihubungkan dengan sebuah website atau media sosialdari sebuah produk. Sedangkan retention email sendiri berlaku untuk pelanggan yang sudah terhubung sejak lama, agar tetap terjalin hubungan baik , serta sebagai media penawaran jika ada penawaran baru.

Secara garis besar penggunaan teknik email pemasaran sangat bermanfaat, selain meghemat biaya juga menghemat waktu. Secara efisien kita dapat menjangkau para pelangan dalam waktu yang singkat secara pribadi langsung keemail mereka.

5. Social Media Pemasaran

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa pemasaran jenis ini adalah jenis pemasaran yang mengsobatlkan social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain sebagai media promosi.Besarnya ketertarikan masyarakat dalam menggunakan media social menjadi peluang bagi para pemilik produk untuk memanfaatkan sarana ini.

Kekuatan media social sebagai sarana promosi tentunya sudah tidak dapat diragukan lagi. Dengan menjangkau pelanggan melalui media social memungkinkan Sobat untuk berkomunikasi dengan pelanggan melalui fitur-fitur unik yang disediakan oleh sebuah media social tertentu, misalnya saling berbalas pesan dalam kolom komentar dan lain-lain.

Hal ini hampir sama dengan promosi dari mulut ke mulut, yang membedakan jika menggunakan media social sobat dapat menambahkan beberapa fitur lain seperti gambar atau video supaya konten sobat lebih menarik. Baca : Tips promosi Online melalui Fanspage Facebook.

6. Mobile Advertising

Saat ini telepon seluler merupakan sebuah alat yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu mulai bermunculan iklan-iklan yang memanfaatkan telefon seluler sebagai medianya.

Beberapa contoh penggunaan mobile advertising pada telefon seluler dapat berupa iklan yang disampaikan secara sederhana melalui fitur SMS dan MMS. Kemudian ada juga iklan melalui media internet, ketika kita membuka internet melalui telefon sering kita temui beberapa iklan baris yang menghubungkan kita kepada web pemasang iklan.

Pemilihan mobile advertising dalam proses pengiklanan dapat membantu menjangkau orang-orang secara lebih spesifik. Disisi lain metode ini merupakan metode yang efisien dan efektif karena dapat meghemat biaya periklanan untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

7. Display Pemasaran

Teknik pemasaran yang satu ini memanfaatkan bentuk periklanan secara visual, dikemas dalam sebuah iklan berupa logo, foto, gambar maupun video. Sebuah banner iklan yang sering sobat lihat di website merupakan salah satu contoh dari display advertising.

Secara offline media display advertising ini biasanya dikemas dalam bentuk papan billboard dan spanduk-spanduk yang sering dipasang dipinggir-pinggir jalan. Jika sobat ingin beriklan secara online, sobat dapat menghubungi pemilikwebsite yang relevan dengan produk yang sobat pasarkan.

Misalnya jika sobat ingin memsarkan produk makanan atau minuman, sebaiknya sobat menghubungi website yang memuat konten yang berhubungan dengan makanan atau minuman. Sesobatinya sobat tidak memiliki cukup waktu untuk itu, sobat dapat memanfaatkan jasa periklanan misalnya Google Display Network.

8. Affiliate Pemasaran

Teknik digital pemasaran yang terakhir ini dalam bahasa yang sederhana sering disebut sebagai usaha makelar atau perantara. Teknik ini mengsobatlkan penjualan dengan sistem komisi.

Dalam sistem ini dibutuhkan jasa orang lain untuk menjualkan produk yang kita miliki, dengan perjanjian bahwa kita akan membayar atau memberi komisi jika orang tersebut berhasil menjualkan produk yang kita miliki.Bebrapa marketplace besar seperti buka lapak dan lazada juga menggunakan sistem affiliate pemasaran ini untuk meningkatkan penjualan mereka.

Untuk sobat para pelaku usaha , yang mengalami kendala dalam proses pemasaran dan promosi. Menggunakan metode digital pemasaran sebagai sarana promosi merupakan sebuah kewajiban.

Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat yang akan didapat dari teknik-teknik pemasaran ini.Misalnya saja seperti yang sering disebutkan diatas bahwa semua jenis digital pemasaran memiliki fungsi yang sangat efektif untuk menghemat waktu dan biaya promosi.

Selain itu kebiasaan dari masyarakat modern yang sering mencari tau mengenai seluk beluk dan informasi mengenai produk sebelum membelinya juga dapat dimanfaatkan untuk membangun brand awareness melalui konten SEO yang menghubungkannya dengan website usaha yang sobat miliki.

Ditambah lagi dengan adanya interaksi secara langsung dengan konsumen melalui media sosial yang menjadi nilai plus untuk membangun kepercayaan publik terhadap perusahaan atau usaha perorangan yang sobat kelola.

Subscribe to receive free email updates: